Search This Blog

Princess's Gallery

Jumat, 19 Oktober 2012



FRIEDRCH A. HAYEK
Siapa Hayek ? ? ?
FA Hayek tidak diragukan lagi yang paling terkemuka dari ekonom Austria modern. Mahasiswa Friedrich von Wieser, anak didik dan rekan Ludwig von Mises, dan terutama perwakilan dari generasi yang luar biasa dari teori sekolah Austria, Hayek lebih berhasil dari orang lain dalam menyebarkan ide-ide Austria seluruh dunia berbahasa InggrisNama hayek akan selalu dikaitkan dengan ludwing von mises sebagai pendiri aliran Neo-austria. Hayek mengembangkan teori lingkaran bisnis mises, dan dia adalah kritikus utama menentang perencanaan terpusat, dan member kontribusi penting untuk teori politik.           
Friedrich a hayek (1899-1992) lahir di Vienna, 17 tahun lebih muda ketimbang mises. Sepanjang hidupnya ia dikelilingi oleh ilmuan alam. Kakeknya adalah zoologis, ayahnya adalah seoranng dokter dan professor botani, kakanya mengajar botani dan kimia, putrinya adalah ahli biologi dan putranya adalah bakteriologis. Hayek sendiri bergeser justru menekuni ilmu social.
Hayek tingginya lebih dari enam kaki. Dia menonjol dan cerdas. Dia pada awalnya ingin menekuni ilmu fisika, tetapi setelah peristiwa perang yang menimbulkan bencana, dimana ia bertugas sebagai perwira artileri, mengubah minatnya ke hukum dan politik. Tak lama kemudian  dia meraih dua gelar doctor di universitas Vienna: bidang hokum pada 1921 dan ilmu pilitik pada 1923.
Pada 1923 dia menghabiskan setahun di new York. Karena terkesan oleh karya statistic Wesley. C. Mitchell dan national bureau of economic research (NBER), dia kembali ke negaranya, untuk mryakinkan mises agar mendirikan Austrian institute of economic research. Hayek tergoda oleh sosialisme Fabian, tetapi telah membaca buku mises socialism (1992) dia berubah pikiran. “tak seorangpun dari generasi muda yang membaca buku itu akan memandang dunia dengan cara yang sama seperti sebelumnya” katanya (hayek 1992: 133). Oleh karena itu, hayek menjadi rekan dan mitra mises. Dia juga membaca karya-karyaa aliran Austria lainnya.
 Friedrich August von Hayek, adalah  ekonom dan filsuf paling terkenal untuk pembelaannya liberalisme klasik dan kapitalisme pasar bebas terhadap pemikiran sosialis dan kolektivis. Ia dianggap sebagai salah satu ekonom paling penting dan filsuf politik abad kedua puluh, memenangkan. Seiring dengan mentornya Ludwig von Mises, dia adalah seorang kontributor penting untuk sekolah Austria ekonomi politik. konstribusi Hayek tentang bagaimana perubahan harga berkomunikasi sinyal yang memungkinkan individu untuk mengkoordinasikan rencana mereka secara luas dianggap sebagai sebuah prestasi penting dalam ekonomi. Hayek disajikan. Dalam Perang Dunia I dan mengatakan bahwa pengalamannya dalam perang dan keinginannya untuk membantu menghindari kesalahan-kesalahan yang telah menyebabkan perang dipimpin dia untuk karirnya.





BIOGRAFI
Nama                     : Friedrich August von Hayek.
Kelahiran               : 8 Mei 1899 (1899/05/08) Wina, Austria-Hongaria.
Kematian               :  23 Mar 1992 (1992/03/23) (umur 92) Freiburg, Jerman
Kebangsaan           : Austria-Inggris.
Lembaga   : Universitas Freiburg (1962-1968), University of Chicago (1950-                                 1962), London School of Economics (1931-1950) .
Bidang                  : Ekonomi, ilmu politik, hukum, filsafat, psikologi.
Menentang            : John Maynard Keynes · Piero Sraffa · Nicholas Kaldor.
Pengaruh      : Wieser · Menger · Mach · Bohm-Bawerk · Mises · Kant · Mandeville                      Hume · Ferguson · Wittgenstein · Locke · Burke · Mill · Acton · Tocqueville · Popper · Peters.
Dipengaruhi                 : Friedman · Stigler · Popper · Coase · Hicks · Buchanan · Leontief · Nozick · Smith · Kuznets · Kantorovich · Thatcher · H. Simon ·   Maltsev · Kirzner · · Reagan Sowell · Kemp · Harrod · Leoni · Sartori · J. Simon · Yayla · Gray · Lerner Alchian Rothbard · · · Paulus · Hurwicz · Cowen · Roberts · Boudreaux · Boettke · Leeson.CaplanTaleb.
Kontribusi             :Ekonomi perhitungan masalah, catallaxy, ketertiban diperpanjang,  tersebar pengetahuan, sinyal harga, order spontan, teoriHebbian.
Penghargaan          :Hadiah Nobel Memorial Ekonomi (1974) 
 Presiden Medal of Freedom (1991) .

KEHIDUPAN AWAL
            Hayek dilahirkan di Wina (maka ibukota Austria-Hungaria), dan putra seorang dokter dalam pelayanan kesehatan kota. Kakek Hayek adalah akademisi terkemuka yang bekerja di bidang statistik dan biologi. Garis ayah-Nya telah diangkat ke jajaran kaum bangsawan Austria untuk pelayanan kepada negara. Demikian pula, generasi sebelum leluhur pihak ibu juga telah diangkat ke peringkat yang tinggi. Namun, setelah 1919 judul dari bangsawan dilarang oleh hukum di Austria, dan "von Hayek" keluarga menjadi hanya keluarga Hayek. Oleh karena itu, setelah 1919 nama hukum Hayek menjadi "Friedrich Hayek", bukan "Friedrich von Hayek". Ayah Hayek berubah karyanya pada botani daerah menjadi risalah botani sangat dihargai, melanjutkan tradisi ilmiah keluarga.
            Pada 1917 dia bergabung dengan resimen artileri di Tentara Austria-Hungaria dan berjuang di bagian depan Italia. Banyak pengalaman tempur Hayek dihabiskan sebagai pengintai di pesawat terbang. Dia selamat dari perang tanpa cedera serius dan sudah didekorasi untuk keberanian.
Hayek kemudian memutuskan untuk mengejar karir akademis, bertekad untuk membantu menghindari kesalahan-kesalahan yang telah menyebabkan Perang Dunia I. Hayek mengatakan tentang pengalamannya: "Pengaruh yang menentukan benar-benar Perang Dunia I. 's terikat untuk menarik perhatian Anda terhadap masalah politik organisasi. "Dia berjanji untuk bekerja untuk dunia yang lebih baik.

KEHIDUPAN PRIBADI
              Pada awal 1920-an, hayek yang masih muda jatuh cinta dengan sepupunya, helene bitterlich. Tetapi helene menikah dengan pria lain dan ia terpaksa mencari penggantinya. Seorang gadis di kantornya menarik perhatiannya. Perempuan itu bukan hanya mirip cinta pertamanya, tetapi namanyapun hamper sama, Helen (meskipun dia di panggil hella). Tampaknnya ini pasangan yang sempurna. Hayek menikahi hellen von Fritsch pada musim panas 1926 dan mereka di karuniai dua anak yang perempuan lahir di Austria sedangkan yang lelaki lahir di inggris. Meskipun demikian, selama 25 tahun sesudahnya, keluarga hayek mengalami prahara. Hayek selalu mengatakan bahwa hella adalah istri yang baik, namun mereka selalu bertengkar.
              Pada akhir masa perang dunia, hayek kembali ke Vienna dan bertemu kembali dengan sepupunya, yang dengan riang mengatakan bahwa dirinya sudah bercerai. Mereka segerah jatuh cinya dan hayek memutuskan untuk menceraikan istrinya. Setelah kembali ke inggris ternyata hella yang marah tidak ingin diceraikan, dan upaya perceraian yang terjadi selanjutnya berlangsung sangat pahit sehingga kawan hayek lionel robbins, dan semua orang di jurusan ekonomi di LSE tidak mau berbicara dengan hayek. Mereka percaya bahwa hayek menzalimi istrinya. Tetapi hayek sudah bulat keputusannya. Dia pergi meninggalkan inggris (meski dia sudah warga Negara inggris) dan berangkat menuju Arkansas, dan ketika perceraiannya di sah kan pada 1950, dia pindah ke universitas Chicago.
  Diperlukan waktu sepuluh tahun sebelum hayek berdamai kembali dengan lionel robbins. Sejak itu, tak banyak orang mengatakan hal yang baik-baik tentang istri barunya, Helena yang sering manghalangi kontak hayek dengan rekan-rekan dan kawan-kawan lamanya. Anak hayek, Lawrence, dalam pertemuan di montpelerin society pernah berkata tentang Helena, “dia itu bandel”.

PENDIDIKAN DAN KARIR
            Di Universitas Wina, ia mendapatkan gelar doktor dalam hukum dan ilmu politik pada tahun 1921 dan 1923 masing-masing, dan dia juga mempelajari filosofi, psikologi, dan ekonomi. Untuk waktu yang singkat, ketika Universitas Wina tertutup, Hayek belajar di Constantin von Monakow Institut Anatomi Otak, di mana Hayek menghabiskan banyak waktu pewarnaan sel-sel otaknya. Waktu Hayek di laboratorium Monakow, dan minat mendalam dalam karya Ernst Mach, proyek pertama intelektual terinspirasi Hayek, akhirnya diterbitkan sebagai Ordo Sensorik (1952). Ini terletak belajar ikat di tingkat fisik dan neurologis, menolak "data pengertian" asosiasionisme [klarifikasi diperlukan] dari empirisis dan positivis logis. Hayek mempresentasikan karyanya ke seminar pribadi yang dia telah diciptakan dengan Herbert Furth disebut Geistkreis.
Selama bertahun-tahun  kerja Wina Carl Menger strategi penjelas dari ilmu sosial dan berwibawa Friedrich von Wieser di kelas meninggalkan pengaruh kekal pada Hayek. Setelah selesai ujian Universitas, Hayek dipekerjakan oleh Ludwig von Mises atas rekomendasi Wieser sebagai spesialis untuk pemerintah Austria bekerja pada rincian hukum dan ekonomi dari Perjanjian Saint Germain. Antara 1923 dan 1924 Hayek bekerja sebagai asisten riset Prof Yeremia Jenks dari New York University, mengumpulkan data makroekonomi pada ekonomi Amerika dan operasi dari Federal Reserve AS.
Awalnya bersimpati kepada sosialisme demokratis Wieser, pemikiran Hayek ekonomi bergeser dari sosialisme dan menuju liberalisme klasik Carl Menger setelah Sosialisme membaca buku Ludwig von Mises. Setelah Itu kadang membaca Sosialisme dan Hayek mulai menghadiri seminar pribadi Ludwig von Mises , bergabung dengan beberapa universitas, teman termasuk Fritz Machlup, Alfred Schutz, Felix Kaufmann, dan Gottfried Haberler-yang juga berpartisipasi dalam sendiri seminar Hayek, swasta lebih umum selama ini. waktu itu ia juga bertemu dan berteman dengan penencatat filsuf politik Eric Voegelin, dengan siapa ia mempertahankan hubungan jangka-berdiri.
Dengan bantuan Mises, pada akhir tahun 1920 Hayek mendirikan dan menjabat sebagai direktur Institute Austria Penelitian Siklus Bisnis, sebelum bergabung dengan fakultas dari London School of Economics (LSE) pada tahun 1931 atas perintah dari Lionel Robbins. Setibanya di London, Hayek cepat diakui sebagai salah satu teori ekonomi terkemuka di dunia, dan perkembangan tentang ekonomi proses dalam waktu dan fungsi koordinasi harga mengilhami pekerjaan tanah-melanggar John Hicks, Abba Lerner, dan banyak orang lain dalam pengembangan ekonomi mikro modern.
Tujuh tahun setelah terjadinya Depresi Besar Inggris, yang dimulai pada tahun 1925, Hayek menyarankan bahwa investasi swasta di pasar publik adalah jalan yang lebih baik untuk kekayaan dan koordinasi ekonomi di Inggris dari program pengeluaran pemerintah, sebagaimana dibahas dalam sebuah surat yang ia turut menandatangani dengan Lionel Robbins dan orang lain dalam pertukaran surat dengan John Maynard Keynes di The Times. Depresi Besar global yang membentuk latar belakang penting terhadap yang dirumuskan posisi Hayek, terutama bertentangan dengan pandangan Keynes.

TEORI-TEORI
Teori siklus bisnis
              Tulisan Hayek pada modal, uang, dan siklus bisnis   secara luas dianggap sebagai kontribusi yang paling penting untuk ekonomi (Hicks, 1967; Machlup, 1976). Membangun Teori Uang dan Kredit (1912), Hayek menunjukkan bagaimana fluktuasi ekonomi yang luas output dan kesempatan kerja terkait dengan struktur modal ekonomi. Dalam prices and production (1931) ia memperkenalkan "segitiga Hayekian" yang terkenal untuk menggambarkan hubungan antara nilai barang modal dan tempat mereka di urutan temporal produksi. Karena produksi membutuhkan waktu, faktor-faktor produksi harus dilakukan pada saat ini untuk membuat barang akhir yang akan memiliki nilai hanya di masa depan setelah mereka dijual. Namun, modal yang heterogen. Sebagai barang modal yang digunakan dalam produksi, mereka berubah dari tujuan umum bahan dan komponen untuk produk antara barang-barang khusus untuk akhir tertentu. Akibatnya, aset-aset ini tidak dapat dengan mudah didistribusikan untuk menggunakan alternatif jika tuntutan untuk barang akhir perubahan.


SEGITIGA HEYEK
              Dalam prices and production,hayek menciptakan diagram unik yang dikenal sebagai “segitiga hayek” untuk mempresentasikan struktur ekonomi.

             
                          Original means of production











                          Output of consumers goods
                 Segitiga Hayek-Model Waktu, struktur Ekonomi

              Pada puncak segitiga adalah tahap paling awal dari produksi sumber daya alam dan kemudian menurun menuju produksi barang-barang manufaktur sampai ia mencapai tahap akhir, konsumsi enceran. Perhatikan bahwa segitiga itu diperluas dengan skala waktu setiap kali masing-massing tahap menambahkan nilai kepada barangan jasa setiap kali di produksi. Area segitiga mempresentasikan total pengeluaran dalam ekonomi untuk semua barang dan jasa selama setahun.
              Menurut hayek, struktur segitiga akan berubah jika ada perubahan suku bunga. Kenaikan tingkat tabungan dapat memperpanjang segitiga, mennghasilkan biaya yang rendah dan output yang tinggi dalam jangka panjang, dan menciptakan keseimbangan makro baru. Di lai pihak, peningkatan artificial di dalam penewaran (supply) uang akan mengirimkan sinyal-sinyal palsu kepada produsen dan konsumen, dan menciptakan boom inflasioner yang pasti akan berantakan. Segitiga itu pada awalnya tumbuh membesar tapi akhirnya menyusut.

Teori Modal Murni (1941)
              Dalam Teori Modal Murni (1941), mungkin karyanya yang paling ambisius, Hayek menjelaskan bagaimana struktur perekonomian produksi tergantung pada karakteristik barang modal - daya tahan, saling melengkapi, substitusi, spesifisitas, dan sebagainya. Struktur ini dapat dijelaskan dengan "periode investasi" berbagai input, perpanjangan gagasan Bohm-Bawerk tentang "roundaboutness," sejauh mana produksi menggunakan sumber daya dari waktu ke waktu.

Teori Moneter dan Siklus Perdagangan
              Dalam Prices and production (1931) dan Teori Moneter dan Siklus Perdagangan (1933a) Hayek menunjukkan bagaimana suntikan moneter, dengan menurunkan tingkat bunga di bawah apa yang Mises (Wicksell berikut) disebut "tingkat alamiah," yang mendistorsi struktur antarwaktu perekonomian produksi . Kebanyakan teori efek uang pada harga dan output (kemudian dan karena) hanya mempertimbangkan efek dari pasokan total uang pada tingkat harga dan output agregat atau investasi. Teori Austria, sebagaimana dikembangkan oleh Mises dan Hayek, berfokus pada cara memasuki ekonomi uang ("efek injeksi") dan bagaimana ini mempengaruhi harga relatif dan investasi di sektor-sektor tertentu. Dalam kerangka Hayek, investasi dalam beberapa tahap produksi "malinvestments" jika mereka tidak membantu untuk menyelaraskan struktur produksi untuk preferensi antarwaktu konsumen. Penurunan suku bunga disebabkan oleh ekspansi kredit yang mengarahkan sumber daya ke arah padat modal proses dan tahap awal produksi (yang investasi tuntutan lebih suku bunga elastis), sehingga "memperpanjang" periode produksi. Jika suku bunga telah jatuh karena konsumen telah berubah preferensi mereka untuk mendukung masa depan lebih dari konsumsi sekarang, maka struktur waktu yang lebih lama produksi akan respon, tepat koordinasi. Penurunan suku bunga disebabkan oleh ekspansi kredit, bagaimanapun, akan menjadi "sinyal palsu," menyebabkan perubahan dalam struktur produksi yang tidak sesuai dengan preferensi antarwaktu konsumen. dia booming yang dihasilkan oleh peningkatan investasi adalah buatan. Akhirnya, pelaku pasar menyadari bahwa tidak ada cukup tabungan untuk menyelesaikan semua proyek-proyek baru; boom menjadi patung karena ini malinvestments ditemukan dan dilikuidasi. Setiap boom buatan disebabkan oleh kredit expansion, kemudian, adalah membalikkan diri. Pemulihan terdiri dari melikuidasi malinvestments disebabkan oleh penurunan suku bunga di bawah tingkat alami mereka, sehingga memulihkan struktur waktu produksi sehingga sesuai dengan preferensi antarwaktu konsumen


KARYA-KARYA HAYEK
Princes and production (1931), edisi ke-2, London, macmillan, 1934.
Monetary theory and the trade cycle (1933), Fairfield, new jersey, augustus M. Kelley, 1975.
The pure theory of capital, London, routledge & kegan paul, 1941.
The road to serfdom (1944), Chicago, university of Chicago press, 1956.
“the use of knowledge in society,” American economic review, 35,4 (September 1945) hlm. 519-30.
Individualism and economic order, Chicago, university of Chicago press, 1948.
The counter-revolution of science: studies on the abuse of reason (1955), Chicago, liberty press, 1979.
The constitution of liberty, Chicago, university of Chicago press, 1960.
The denationalization of money, London institute of economic affairs, 1976a.
Law, legislation and liberty, vol-2, Chicago, university of Chicago press 1976b.
New studies in philosophy, politics, economics and the history of  ideas, London, routledge & kegan paul, 1978.
The fatal conceit: the errors of socialism, Chicago, university of Chicago press, 1988.
The collected works of  F.A hayek, 10 vol, Chicago, university of Chicago press, 1989-94.
ARGUMENT-ARGUMENT HAYEK
            Friedrich A hayek mendapatkan pengakuan dari seluruh dunia sebagai pejuang pasar bebas dan seorang lawan dari campur tangan pemerintah terhadap hak individu untuk ikut sertadalam pertukaran bebas melalui pasar. Karyanya menegasakan bahwa pilihan individu, dan bukan pembuatan keputusan oleh pemerintah, menghasilkan manfaat ekkonomi (lebih efisien) dan manfaat non-ekonomi (kebebasan dan kemerdekaan yang lebih besar).
            Setelah road to serfdom dipublikasikan pada tahun 1944, hayek menjadi teoritisi social yang di akui dunia. Setelah menerima banyak tawaran mengajar, hayek kemudian menerima posisi penting di universitas Chicago pada tahun 1950. Ia mengundurkan diri pada tahun 1962 dan kembali ke oropa, menerima jabatan pengajar di universitas .
Pada masa-masa awal karirnya hayek memberi sumbangan kepada teori moneter dan teori siklus bisnis. Kemudian ia mulai memfokuskan pada problem inflasi dan pengangguran. Menjelang 1940-an hayek menjadi sangat kritis terhadap sosialisme, perencanaan pemerintahan dan semua intervensi pemerintah dalam ekonomi. Ia menyalahkan pemerintah atas terciptanya persoalan ekonomi dan karena membuat persoalan ekonomi semakin memburuk dengan mencampuri ekonomi pasar.
            Dalam bukunya yang pertama hayek(1933) meneliti peran yang dimainkan uang dalam ekspansi da kontraksi ekonomi. Karya ini berusaha mengembangkan dan menjelaskan dinamika dari karya wicksell, interest and prices (1898). Hayek berpendapat bahwa faktor-faktor ekonomi adalah kondisi yang diperlukan untuk sik;us bisnis, namun merubah penawaran uang tidak cukup untuk menyebabkan fluktuasi dalam output. Perubahan dalam harga relative juga diperlukan untuk menjelaskan siklus bisnis.
            Dengan mengikuti bohm-bawerk, hayek percaya bahwa ekonomi kapitalis memproduksi barang-barang dengan cara yang lebih memutar. Lamanya waktu untuk membawa barang ke pasar meningkat secara konstan karena mesin dan peralatan dikembangkan sebelum bias digunakan dalam produksi barang dan jasa.
            Ketika uang dibuat oleh bank, namun tidak ada tabungan tambahan yang terjadi maka akan segerah muncul permintaan yang lebih besar untuk barang konsumen. Hal ini menaikkan harga barang konsumen. Perusahaan, dalam usahanya memenuhi permintaan ini, mengurangi cara produksi memutar. Tetapi segerah setelah harga naik, suku bunga harus naik agar bank tidak mengalami kerugian ketika peminjaman yang mereka buat di masa lalu. Suku bunga yang tinggi, pada gilirannya, akan menurunkan pengeluaran konsumen. Industry-industri yang memproduksi barang-barang kkonsumen akan menganggur dan memberhentikan pekerjaannya. Kini kelebihan di masa lalu mulai meminta korban. Kegagalan untuk memproduksi lebih banyak barang investasi berarti perusahaan memproduksi barang yang tidak dapat menyerap tenaga kerja karena mereka tidak lagi diperlukan untuk memproduksi barang konsumen..
            Analisis penyebab pengangguran ini sangat berbeda dengan analisis Keynes . bagi hayek yang menciptakan pengangguran bukan karena kuranngnya permintaan, namun pengangguran berassal dari komposisi permintaan, atau permintaan untuk tipe barang yang keliru (permintaan untuk barang konsumen ketimbang barang investasi). Persoalan ini hanya bisa diperbaiki dengan menguranggi permintaan konsumen sehinggga tabungan ekstra menjadi tersedia untuk digunakan perusahaan melakukan investasi tambahan, dan memungkinkan mereka mengadopsi proses produksi yang lebih panjang.
            Karena alasan ini hayek menentang usaha-usaha menerapkan kebijakan ekspansionis Keynesian untuk menengani pengangguran pada masa depresi berat. Ia menentang upaya memicu permintaan konsumen, memperluas proyek kerja public, atau menopang harga.. dan ia berpendapat bahwa kebijakan Keynesian ini mungkin malah akan merubah resesi menengah menjadi depresi yang berkepanjangan. Selain itu dengan menciptakan inflasi, kebijakan Keynesian pada akhirnya merugikan perekonomian.
            Hayek menunjukkan beberapa konsekuensi yang berbahaya. Pertama, bagi hayek (1945) salah satu karakteristik terpenting dari system pasar adalah bahwa system ini menyediakan informasi. Harga member tahu pada konsumen mana yang lebih sedikit usaha dan sumber-sumber daya untuk membuatnya. Harga juga memberi tahu pada perusahaan mana input dan cara produksi yang paling sedikit memakan biaya. Inflasi mendistorsi fungsi petunjuk dari harga tersebut. Ketika semua harga terus-menerus naik maka sulit mengetahui mana barang yang biaya [roduksinya lebih sedikit dan cara termurah untuk memproduksi barang tersebut. Sebagai akibatnya, inflasi mendistorsi ekonomi dengan menggerakkan sumber-sumber ke tempat yang sebenarnya  mereka tidak boleh digunakan (kegiatan yang tidak efesien dan tidak diinginkan). Hal ini akan mengurangi efesiensi ekonomi dank arena itu, mengurangi standar standar hidup seluruh bangsa. Kedua, dengan membuat pengeluaran lebih besar untuk memukul kenaikan harga maka akan lebih banyak barang konsumen yang diproduksi memutar yang digunakan oleh perusahaan. Hal ini juga akan mengurangu pertumbuhan ekonomi dimasa depan.
            Di sampinng menolak inflasi, hayek juga bahkan menetang penggunaan kebijakan pendapatan (incomes policy) sebagai alat unyuk memerangi inflasi. Ia memandang kebijakan ini sebagai langkah mundur yang menuju ke Negara totalitarian. Selain itu, kebijaksanaan pendapatan, sebagaimana inflasi, menghancurkan fungsi informasional dari harga. Terakhir, hayek melihat kebijaksanaan pendapatan mengabaikan sebab nyata dari inflasi, yakni terlalu banyak uang. Karena inflasi berasal dari terlalu banyaknya uang  beredar, penciptaan uang pasti memperlambat penghapusan inflasi. Dan menurut hayek penciptaan uang yang berlebihan adalah hasil dari monopolisasi pemerintah atas pencetakan dan peresaran uang. Menurut hayek ada dua alas an mengapa control monopoli terhadap penciptaan uang oleh pemerintah mengakibatkan inflasi. Pertama, pemerintah selalu tergoda untuk mencetak lebih banyak uang yang nilainya turun lebih banyak karena hanya dapat membeli lebih sedikit barang.
            Untuk mencegah agar pemerintah tidak dengan sengaja menciptakan inflasi, hayek (1976) mengusulkan untuk diperbolehkannya perusahaan swasta untuk menerbitkan mata uangnya sendiri. Dengan pengertian perusahaan besar, atau bank-bank besar, masing-masing mencetak uangnya sendiri-sendiri. Orang-orang dan perusahaan akan memilih memegang mata uang yang mereka perkirakan paling dapat diterimah oleh pihak lain dan paling kecil kemungkinannya menurun nilainya. Hayek merasa bahwa dengan mengeluarkan uang secara privat semacam inilah maka inflasi dapat dicegah karana akan menghalangi kecenderungan pemerintah untuk menciptakan inflasi. Juga, pengeluaran uang swasta akan mempertimbangkan reputasi mereka dan nilai dari uang yang mereka ciptakan. Sebagai akibatnya, hayek berpendapat bahwa mereka tidak akan cenderung menerbitkan terlalu banyak uang.
            Argumen bahwa masalah ekonomi muncul karena intervensi pemerintah menjadi tema dominan dari ekonomi hayek sejak tahun 1940-an. Ia semakin mengandalkan pandangan filosofis dan psikologis ketika mengemukakan alasannya menentang keterlibatan pemerintah dalam urusan ekonomi. Ia melandaskan bahwa ada keterbatasan dalam jumlah pengetahuan yang dapat di terima oleh setiap individu atau institusi., demikian juga dengan akal mannusia. Pria dan wanita dapat memahami hubungan ekonomi secara umum, tetapi tidak pernah bias memahami dengan persis hubungan yang berlaku pada waktu tertentu. Hayek juga menekankan bahwa ilmu-ilmu social secara mendasar berbeda dengan ilmu-ilmu alam. Orang-orang tidak mematuhi hokum-hukum psikologis atau ekonomi sebagaimana materi mematuhi hokum-hukum fisika, sehingga semua usaha untuk mengontrol lingkungan adalah salah sasaran. Kadua keyakinan ini mengandung implikasi bagi ekonomi dan masing-masing mendukung alasan hayek melawan keterlibatan pemerintah dalam urusan ekonomi.
            Salah satu argumen perencanaan ekonomi pada tahun 1930-an dan 1940-an adalah perencanaan sentral dapat menghitung penewaran dan permintaan untuk semua barang dalam ekonomi dan memanipulasi harga sesuai dengan pemahaman itu. Bahkan lebih jauh lagi (lihat jugaLANGE) bebrapa ahli ekonomi berpendapat bahwa karena ekonomi sangat kompleks, perencanaan dengan model matematika yang baik akan dapat berbuat yang lebih baik dari pada pasar dalam penetapan harga. Yang lainnya (lihat juga GALBRAITH) berpendapat bahwa ketika perusahaan semakin membesar dan semakin monopolistic, perencanaan pemerintah diperlukan untuk mengimbangi kekuatan ini.
            Hayek membalikkan argument ini. Bagi hayek kerumitan dari ekonomi berarti bahwa tidak ada orang yang dapat memahami bekerjany keseluruhan ekonomi. Akibatnya, persamaan penawaran dan permintaan tidak dapat diketahui oleh perencana, dan perencanaan akan membawa pada inefisiensi. Demikian juga manajemen ekonomi makro Keynesian (fine-tuning) adalah cacat karena pembuatan kebijakan tidak dapat memahami semua seluk beluk dan kerumitan sistem pasar. Kebijakan pemerintah tidak akan meningkatkan kinerja ekonomi tetapi justru hanya akan melumpuhkan sistem ekonomi yang bertanggung jawab untuk meningkatkan standar hidup kita.
            Hayek juga menjungkirbalikkan alasan bahwa kekuatan pemerintah harus digunakan untuk menghadapi kekuatan monopoli. Ia berpendapat bahwa kekuatan monopoli biasanya hasil dari tindakan pemerintah. Misalnyaprodusen domestic melobi pemerintah agar melarang impor dan pembatasan industry atau profesi melalui persyaratan lifensi. Hayek juga berpendapat bahwa jika perusahaan besar menjadi sangat kuat, persaingan potensial (atau ancaman dari pesaing baru) akan memaksa perusahaan beroperasi secara efisien dan memproduksi barang-barang yang dibutuhkan oleh pelanggan mereka pada tingkat biaya yang serendah mungkin.
            Tetapi hayek bahkan melangkah jauh dari pada ini. Ia berpendapat bahwa kebijakan pemerintah akan membatasi kebebasan individu dan membawa kita pada the road to serfdom (jalan menuju perbudakan). Hal ini berlaku untuk ekonomi sosialis dan ekonomi kapitalis yang menjalankan perencanaan untuk masa depan dan berusaha mengurangi pengangguran. Hal yang sama akan berlaku untuk kebijakan pemerintah yang berusaha mendistribusikan pendapatan atas nama keadilan ekonomi. Hayek berpendapat adalah tidak sah menggambarkan hasil proses pasar sebagai sesuatu yang adil atau tidak adil. Distribusi pendapatan adalah kenyataan tentang dunia, hasil dari kekuatan pasar impersonal. Gagasan keadilan tidak berlaku dalam situasi seeperti ini. Selain itu usaha pemerintah untuk  meredistribusi pendapatan lebih banyak bahayanya dari pada manfaatnya. Orang-orang miskim agan rugi karena distribusi mengurangi insentif ekonomi dan karenanya menurunkan kue ekonomi. Hal ini merugikan semua orang, baik itu yang miskin maupun yang kaya. Yang miskin juga rugi karena yang kaya melaksanakan fungsi-fungsi ekonomi penting seperti mengambil resiko, mendukung seni dan pendidikan, menguji produk baru dan mahal yang jika berhasil akan menghasilkan produk massa dengan harga rendah.
            Bahkan lebih jauh lagi hayek menentang upaya pemerintah untuk memberikan kesempatan ekonomi yang sama kepada semua orang untuk mendapatkan hasil yang merata. Ia berpendapat bahwa gagasan kesempatan yang sama adalah ilusif atau khayalan. Member semua anak-anak titik awal yang sama, hal ini berarti akan meredistribusikan kekayaan orang tua mereka sehingga tidak ada anak yang titik awalnya lebih maju dari pada anak yang lain. Ini juga berarti menjaga pendapatan  semua orang tua sama sehingga anak-anak tidakm lagi mendapatkan keuntungan. Sekali lagi dalam usaha memberikan yang adil ini pemerintah harus menjadi lebih totalitarian.
            Namun  hayek mendukung keadilan dalam pengertian yang lain. Ia berpendapat semua pria dan wanita harus diberlakukan sama di hadapan hokum. Keadilan hokum atau peraturan yang berlaku untuk semua warga Negara yang akan menjaga kebebasan dari perampasan oleh kekuasaan pemerintah.
            Sumbangan utama hayek sebagai seorang ahli ekonomi adalah argumennya tentang keuntungan dari pasar bebas dan informasi yang disediakan oleh harga. Argument ini menghasilkan kesimpulan bahwa usaha untuk mengubah atau mengontrol pasar harus dilawaan karena pasti akan membatasi kebebasan individu dan mengurangi efesiensi ekonomi dan menurunkan standar hidup. Pasar bagi hayek, adalah alat yang mengatur dirinya  sendiri yang meningkatkan kemakmuran. Kebijakan pemerintah dan usaha-usaha lainnya untuk menghalangi bekerjanya suatu pasar  membuat keadaan kita membeuruk secara ekonomi dan mengurangi kebebasan individu.

HAYEK  MERAIH  HADIAH  NOBEL
              HAYEK berada di usia senja pada 1970-an. Secara fisik dia lemah dan sering sakit. Telingah kirinya tuli. Sahabat lamanya mises meninggal pada tahun 1973, setahun kemudian tepatnya tahun 1974 hayek menerima telepon dari swedia yang akan mengubah karirnya dan kondisi fisiknya. Dia memenangkan hadiah nobel ekonomi untuk karyanya dalam bidang teori moneter dan lingkaran bisnis. Meskipun dia berbagi hadiah bersama sosialis gunnar myndal (dan keduanya tidak senang dengan kebersamaan itu), dia merasa karya ekonominya pada 1930-an diakui kembali. Penghargaan itu membuatnya bersemangat kembali dan memulihkan kondisi fisiknya. Dia mengajar dan bahakan kembali menulis isu-isu ekonomi-sosialisme, inflasi dan pemulihan moneter.       

HAYEK DAN EKONOM AUSTRIA
Jelas, kebangkitan Austria berutang sebanyak untuk Hayek untuk siapa pun. Tapi apakah tulisan Hayek benar-benar "Ekonomi Austria" - bagian dari tradisi, yang terpisah dikenal - atau kita harus menganggap mereka, sebaliknya, sebagai kontribusi, asli sangat pribadi,? Beberapa biaya pengamat yang bekerja kemudian Hayek, terutama setelah ia mulai berpaling dari ekonomi teknis, menunjukkan pengaruh yang lebih dari temannya Sir Karl Popper dari Carl Menger atau Mises: seorang kritikus berbicara tentang "Hayek saya" dan "Hayek II"; lain menulis tentang "Transformasi Hayek.".
Benar bahwa Popper memiliki dampak yang signifikan pada pemikiran yang matang Hayek. Yang menarik yang lebih besar adalah sifat yang tepat dari hubungan Hayek dengan Mises. Tidak diragukan lagi, tidak ada ekonom telah memiliki dampak yang lebih besar pada pemikiran Hayek dari Mises - bahkan tidak Wieser, dari siapa Hayek belajar keahliannya tapi yang meninggal pada tahun 1927 ketika Hayek masih muda. Selain itu, Mises jelas dianggap Hayek terpandai dari generasinya. Namun, seperti Hayek (1978a) mencatat, ia sejak awal selalu sesuatu yang kurang dari seorang pengikut yang murni: "Walaupun saya berutang [Mises] stimulus yang menentukan pada titik penting perkembangan intelektual saya, dan inspirasi berkesinambungan melalui satu dekade, saya telah mungkin yang paling diuntungkan dari pengajaran-Nya karena saya awalnya tidak mahasiswa di universitas, seorang pemuda lugu yang mengambil kata untuk injil, tetapi datang kepadanya sebagai seorang ekonom yang terlatih, berpengalaman dalam cabang paralel ekonomi Austria [cabang Wieser ] dari mana ia secara bertahap, tetapi tidak pernah benar-benar, memenangkan saya atas. "
Banyak telah ditulis pada Hayek dan pandangan Mises pada perdebatan perhitungan sosialis. Masalahnya adalah apakah ekonomi sosialis adalah "mustahil," seperti Mises dibebankan pada tahun 1920, atau hanya kurang efisien atau lebih sulit untuk diterapkan. Hayek (1992, hal 127) dipertahankan kemudian bahwa Mises "tesis sentral tidak, karena kadang-kadang menyesatkan menaruh, bahwa sosialisme tidak mungkin, tetapi itu tidak dapat mencapai penggunaan sumberdaya yang efisien." Interpretasi itu sendiri tunduk pada sengketa. Hayek berdebat di sini terhadap tampilan standar pada perhitungan ekonomi, ditemukan misalnya dalam Schumpeter (1942, hlm 172-186) atau Bergson (1948). Pandangan ini menyatakan bahwa pernyataan asli Mises tentang ketidakmungkinan perhitungan ekonomi di bawah sosialisme dibantah oleh Oskar Lange, Fred Taylor, dan Abba Lerner, dan bahwa modifikasi kemudian oleh Hayek dan Robbins sebesar pengakuan bahwa ekonomi sosialis mungkin dalam teori tetapi sulit dalam praktek karena pengetahuan adalah desentralisasi dan insentif yang lemah. Respon Hayek dalam teks dikutip, bahwa posisi sebenarnya Mises telah dibesar-besarkan, menerima dukungan dari sejarawan revisionis utama perdebatan perhitungan, Don Lavoie, yang menyatakan bahwa "argumen sentral canggih oleh Hayek dan Robbins tidak merupakan suatu 'mundur' dari Mises, melainkan klarifikasi mengarahkan tantangan untuk versi terbaru dari perencanaan pusat... Meskipun komentar oleh Hayek dan Robbins tentang kesulitan komputasi dari [selanjutnya pendekatan] bertanggung jawab untuk interpretasi menyesatkan argumen mereka, pada kenyataannya kontribusi utama mereka sepenuhnya konsisten dengan tantangan Mises "(Lavoie, 1985, hal 20). Kirzner (1988) juga berpendapat bahwa Mises dan Hayek posisi harus dilihat bersama-sama sebagai upaya awal untuk menguraikan Austria "kewirausahaan-penemuan" tentang proses pasar. Salerno (1990a) berpendapat, sebaliknya, mendukung pandangan tradisional - bahwa masalah perhitungan asli Mises berbeda dari masalah penemuan-proses ditekankan oleh Lavoie dan Kirzner.
Selanjutnya, penekanan kemudian Hayek pada pemilihan kelompok dan tatanan spontan tidak dimiliki oleh Mises, meskipun ada unsur-unsur garis pemikiran ini di Menger. Sebuah petunjuk untuk perbedaan ini adalah dalam (1978a) pernyataan Hayek bahwa "Mises sendiri masih jauh lebih anak dari tradisi rasionalis Pencerahan dan benua, bukan bahasa Inggris, liberalisme.. Dari aku sendiri.. Ini adalah mengacu pada "dua jenis liberalisme" yang Hayek sering mengacu: tradisi rasionalis atau utilitarian kontinental, yang menekankan akal dan kemampuan manusia untuk membentuk lingkungannya, dan tradisi umum-hukum Inggris, yang menekankan batas-batas alasan dan " spontan "kekuatan evolusi.
Baru-baru ini, hubungan antara Mises dan Hayek telah menjadi penuh "de-homogenisasi" debat. Salerno (1990, 1990, 1993, 1994) dan Rothbard (1991, 1995) melihat penekanan pada pengetahuan Hayek dan penemuan sebagai substansial berbeda dari penekanan Mises pada tindakan manusia tujuan. Salerno (1993), misalnya, berpendapat bahwa ada dua helai ekonomi Austria modern, baik keturunan dari Menger. Satu, Wieser-Hayek untai, berfokus pada pengetahuan tersebar dan sistem harga sebagai alat untuk berkomunikasi pengetahuan. Lain, untai Bohm-Bawerk-Mises, berfokus pada perhitungan moneter (atau "penilaian", yang berarti antisipasi harga di masa depan) berdasarkan harga uang yang ada.
Apapun, ada kesepakatan luas bahwa Hayek peringkat di antara anggota terbesar dari sekolah Austria, dan di antara ekonom terkemuka abad kedua puluh. Karyanya terus berpengaruh dalam teori siklus bisnis, sistem ekonomi komparatif, filsafat politik dan sosial, teori hukum, dan psikologi kognitif bahkan. Tulisan Hayek tidak selalu mudah untuk mengikuti - ia menggambarkan dirinya sebagai "kusut" atau "muddler" daripada seorang "master subjek nya" - dan ini mungkin telah memberi kontribusi pada berbagai interpretasi karyanya telah terangsang. Sebagian karena alasan ini, Hayek tetap menjadi salah satu tokoh intelektual yang paling menarik dari waktu kita.SimakBaca secara fonetik

  HAYEK MENYERANG KEYNES
              Hayek akhirnya bertemu dengan john maynard keyne. Meskipun kedua-duanya bersahabat, mereka berseteru dalam pemikiran. Hayek menyerang  treatise on money karya Keynes. Dia mengatakan bahwa buku itu kekurangan teori capital, dan Keynes membalas dengan mengatakan bahwa karya heyek price and production  sebagai buku yang tak bias dipahami dan “diselimuti kabut tebal”. “young turks” di LSE sangat terkesan dengan teori moneter hayek, tetapi “cambrigde circus” di sekeliling Keynes jelas  memusuhi teori itu.
            Bagi hayek kerumitan dari ekonomi berarti bahwa tidak ada orang yang dapat memahami bekerjanya keseluruhan ekonomi. Akibatnya, persamaan penawaran dan permintaan tidak dapat diketahui oleh perencana, dan perencanaan akan membawa pada inefisiensi. Demikian juga manajemen ekonomi makro Keynesian (fine-tuning) adalah cacat karena pembuatan kebijakan tidak dapat memahami semua seluk beluk dan kerumitan sistem pasar. Kebijakan pemerintah tidak akan meningkatkan kinerja ekonomi tetapi justru hanya akan melumpuhkan sistem ekonomi yang bertanggung jawab untuk meningkatkan standar hidup kita.
            Ada beberapa pndangan Keynes yang tidak di sykai pakar-pakar ekonomi. Pandangan itu antara lain tentang perlunya campur tangan pemerintah dalam mengarahkan dan membimbing perekonomian pada arah yang di inginkan, friedrich august hayek mencela kebijaksaanan campur tangan pemerintah Keynes sama kerasnya dengan celaan terhadap paham sosialisme.
            Celaan yang paling keras dating dari kelompolk yang menamakan dirinya libertarian. Mereka ini menempatkan kebebasan individu di atas segalannya. Merekapun melihat bahwa interfensi pemerintah dalam bentuk apapun sebagai ancaman bagi kebebasan individu. Alasan penolakan tersebut diwakili oleh pendapat friedrich A hayek yang tertuang dalam bukunya the road to serfdom (1944). Dalam buku tersebut hayek mengatakan : “sekali pemerintah melakukan intervensi pasar, ini akan mengarah pada sosialisme yang akhirnya akan menyebabkan berkurangnya kebebasan”. Jika kecenderungan kea rah peningkatan pengawasan pemerintah tidak di kekang mereka khawatir sebagai individu-individu, orang akan berubah sekedar menjadi hamba bagi pemerintah. Lebih jauh hayek mengatakan: “orang bias percaya bahwa ia bebas, tetapi dalam kenyataan kebebasan telah hilang karena pemikiran tiap orang sudah di cecoki oleh pemerintah, daan apa yang di inginkan mereka terpaksa di sesuaikan dengan apa yang di inginkan oleh pemerintah”.

KEYNES MEMENANGKAN PERSETERUAN
               HAYEK dan Keynes merepresentasikan sisi yang berseberangan pada 1930-an. Keynes mendukung “manajemen uang” oleh Negara, hayek percaya pada kebijakan nonintervensi pemerintah. Keynes mendukung inflasi dan pengeluaran deficit, hayek mendukung kebijakan uang yang netral dan mengandalkan fleksibilitas pasar dalam harga dan upah. Keynes mengatakan bahwa penumpukan dan peningkatan simpanan (tabungan) adalah hal yang buruk selama depresi. Hayek mengungkapkan kesalahan “paradox tabungan” dan membela nilai-nilai penghematan. Jurang pemisah diantara mereka sangat dalam.
               Dalam majalah times London, hayek dan Keynes memperdebatkan soal peran pemerintah. Sebuah surat untuk editor majalah itu pada 17 oktober 1932, yang di tanda tangani oleh Keynes, A.C pogau, dan ekonom lainnya, menentang penghematan selama masa keterpurukan ekonomi. Kemudian dating surat pada 19 oktober, yang di tanda tangani oleh hayek, robbins dan yang lainnya, yang isinya mengkritik penngeluaran pemerintah.
               Pada akhirnya saat depresi makin parah, kebijakan “berpangku tangan” yang di usulkan oleh hayek da aliran Neo-austria lainnya kalah oleh pendekatan aktif Keynes dan penganut Keynesian. Mises dan hayek telah menjelaskan penyebab depresi, tetapi obat mereka tampaknya tidak manjur dan mengecewakan. Tiba-tiba semua perhatian beralih ke Cambridge dan buku baru Keynes, the general theory of employment, interest and money (1936).
               Hayek tak pernah menulis kritik terhadap the general theory, dan ini kelak disesalinya. Ketika the general theory diterbitkan pada 1936, hayek menganggap hanya sekedar “risalah lain pada zamannya” yang tidak berdampak permanen. Namun dia keliru besar.
               Ringkasnya, kejayaan aliran Austria mengalami penurunan dramatis dan diperlukan bertahun-tahun sebelum hayek menang kembali. Mises sendiri tidak pernah keluar dari kekalahan dalam perdebatan. Generasi muda LSE-john sicks, abba lerner, Nicholas cardor dan Kenneth boulding, semua menjadi murid Keynes sedangkan paul swezy, tokoh dari Harvard, beralih ke Keynes dan kemudian ke marx. Bahkan kawan terdekat hayek lionel robbins juga ikut-ikutan. Dalam otobiografinya, robbins menyebut persetujuannya dengan hayek pada`1930-an sebagai “kesalahan terbesar dalam karier terbesar saya….. saya menyesal bahwa, meskipun saya bertindak benar dan sesui dengan kewajiban social, saya pernah menentang kebijakan-kebijakan yang mungkin bias mengurangi tekanan ekonomi pada saat itu”
               Hayek sangat tertekan oleh peristiwa ini, sehingga pada awal 1940-an. Dia berhenti menulis tentang ekonomi dan beralih ke teori politik. Selama perang dunia II dia terpaksa pindah ke cambrigde dan mendapati dirinya “mendukung Keynes dalam perjuangannya melawan inflasi masa perang, dan pada saat itu dia juga ingin melemahkan otoritas [keynes]”.


DAFTAR PUSTAKA

Deliarnov, 2010. Perkembangan pemikiran ekonomi,edisi revisi. Pt grafinddo persada, Jakarta.

Kunctjoro,dorodjatun, 2008. Essai-essai nobel ekonomi. Kompas, Jakarta poli, W.I.M,

Skousen, mark, 2005. Sang maestro, teori-teori ekonomi modern, prenada. set. Yogyakarta

steven presman, 2002. 50 pemikir ekonomi dunia, nurai kencana















0 komentar:

Posting Komentar